Sunday, December 6, 2009

On progress: R House, Depok jakarta by budi pradono architects



R-House, merupakan rumah dengan tema yang multi layer: 1. tema pertama adalah membuka dialog dengan para tetangga dengan menyediakan verandah yang khas betawi. seluruh ornamen betawi yang ada pada railing tangga dan verandah ditransformasikan menyeluruh sebagai bukaan di atap yang memberikan citra baru berupa bayangan ke dalam ruang depan, dari atap yang diintervensi oleh ornamen baru.
2. tema kedua adalah tema 'petualangan' yang sangat kental di miliki oleh pemilik rumah; lewat prosesi ramp masuk ke dalam bangunan, melalului unsur air yang merebak ke dalam ruang utama maupun kamar tidur, kemudian diakhiri dengan kolam renang pada sisi belakang bangunan.
3. tema ketiga adalah arsitektur hijau / green architecture; semua limbah diolah dengan mini stp sehingga semua kotoran yang dikeluarkan dari bangunan ini memenuhi standard BOD yang di tetapkan oleh pemerintah. Mereduksi penggunaan AC, dengan bukaan yang memadai, mereduksi penggunaan lampu pada siang hari.
4. Tema ke empat adalah; Super Hijau: Mari menanam pohon di dalam rumah: di dalam rumah ini akan di tanam pohon tabe buya dengan bunga berwarna kuning yang akan berada di ruang keluarga dan ruang makan yang akan menembus atap. Pada atap kita akan tanam rumput: menjadikan rumah ini super hijau.
Sekarang sudah kira-kira sudah 75 % semoga selesai sesuai target bulan maret 2010 !





No comments:

Post a Comment