Monday, February 14, 2011

Tama University Library by Toyo Ito, Gabungan plastisitas struktur dan ketajaman pengolahan program ruang

Karya Rancang salah satu arsitek kenamaan Jepang, Toyo Ito, sebuah perpustakaan untuk kampus Tama Art University di Tokyo. Rancangan ini cukup menarik karena Ito mencoba membuat tampilan beton lebih ringan dan plastis. Karya Ito dulu selalu berkonotasi dengan plastisitas material industri seperti alumunium, stainless steel, dan kaca. Dia sebenarnya selalu tertarik tidak saja dengan material baru tetapi juga inovasi struktural. Berikut ini adalah penjelasan proyek perpustakaan ini:

Perpustakaan ini berada di suburban area di luar kota Tokyo. Bangunan ini berada di depan sebuah taman dengan pohon-pohon besar dan kecil seperti bukit kecil yang memanjang.

Kafetaria-nya merupakan tempat satu-satunya dimana merupakan tempat bertemunya berbagai disiplin, baik mahasiswa maupun dosen serta seluruh civitas akademika yang ada di Tama Art University ini.

Ide dasarnya adalah menciptakan ruang seperti gallery yang terbuka lebar yang memberikan akses aktif bagi orang-orang disekitarnya meskipun tidak secara langsung pergi ke perpustakaan.

Menciptakan flow yang bebas bagi orang yang lewat disekitarnya, Ito memikirkan untuk menciptakan struktur lengkung (arch structure) yang diletakkan secara random, hal ini akan menciptakan sensasi dimana lantai yang menanjak dan keindahan pemandangan merupakan sesuatu yang menerus diantara bangunan
Lengkunagn ini terbuat dari baja yang semuanya diselubungi beton.
Pada denah lengkungan ini diatur sepanjang garis kurva yang saling berpotongan pada beberapa titik.
Dengan perpotongan ini kita dapat mempertahankan lengkungan yang semakin mengecil ke sisi bawah
secara lebih extrem. Meskipun begitu masih dapat mendukung berat lantai di atasnya.
Lengkungan ini memiliki bentangan yang bermacam-macam antara 1.8 m sampai 16m.
Perpotongan dari lengkungan ini membantu mengartikulasikan secara halus memisahkan beberapa zona yang berbeda dalam satu ruang.
Rak dan meja belajar dengan berbagai macam bentuk, partisi kaca, dll. Memberikan zona-zona yang individual sekaligus kontinyu secara visual.

Tama Art University Library (kampus Hachioji)

Menaiki tangga pada lantai dua, kita akan mendapatkan buku-buku senirupa yang besar-besar dengan rak buku yang rendah menyeberang di bawah lengkungan. Di antara rak-rak buku ini terdapat meja-meja belajar dengan ukuran yang berbeda-beda. Sebuah meja yang besar dengan mesin fotocopy memberikan kesempatan pada para pengguna library untuk dptmelakukan pekerjaan editing.

Dengan perbedaan spasial kita akan berjalan mengalami lengkungan dengan bentangan dan ketinggian yang berbeda-beda dari cloister seperti rang yang dipenuhi dengan terang yang natural. Impresi seperti tunnel tidak dapat dipenetrasikan secara visual.

Perpustakaan baru ini adalah tempat dimana setiap orang dapat menemukan interaksi sosialnya sendiri dengan buku-buku dan media film seperti berjalan diantara hutan atau seperti gua, ruang baru seperti ruang arcade dimana hubungan yang halus dengan simple melewatinya; pusat adalah dimana sebuah rasa yang baru dari kreativitas mulai disebarkan ke seluruh kampus seni ini.

Saya sangat menghargai upaya Toyo Ito ini; menggabungkan antara kecanggihan tektonika beton yang berat menjadi terlihat ringan dan plastis dan ketajaman akan artikulasi lokalitasnya, bagaimana bangunan ini merespon lingkungan tamannya, bagaimana ikon baru ini sebagai melting point yang baru bagi seluruh civitas akademika di Tama Art University ini.

Project title: Tama Art University Library (Hachioji campus)
Location: Hachioji City, Tokyo, Japan
Architects: Toyo Ito & Associates, Architects
Client: Tama Art University
Program: Library

Design and Supervision
Campus Planning : Tama Art University Campus Project Team
Architects: Toyo Ito & Associates, Architects
Design team: Toyo Ito, Takeo Higashi, Hideyuki Nakayama, Yoshitaka Ihara
Associate Architect: Kajima Design
Structural engineers: Sasaki Structural Consultants
Associate Architect: Kajima Design
Mechanical engineer: Associate Architect: Kajima Design
Interaction design: Workshop for Architecture and Urbanism
Furniture design: Fujie Kazuko Atelier
Curtain design and fabricator: Nuno Corporation
Supervisor: Toyo Ito & Associates, Architects
Design team: Toyo Ito, Takeo Higashi, Hideyuki Nakayama, Yoshitaka Ihara
Tama Art University Campus Project Team
Tama Art University Former Facility Office

Contractors
Architecture: Kajima Corporation
Mechanical: Kajima Corporation
Shop drawing: Evergreen
Air-Conditioning, Plumbing & Mechanical Services: Techno Ryowa, Tonets Corporation,
Sanken Setsubi Kogyo
Electrical Installation: Kyokujitsu Electric, Kandenko, Toko Electric

sumber: diterjemahkan secara bebas dari dezeen dan arch daily

No comments:

Post a Comment