Wednesday, June 13, 2012

(Yongsan project 6) The Pentominium by Murphy Jahn architects

Dirancang oleh Murhy Jahn architects yang berpusat di Chicago, Tower kembar dalam satu atap yang ini difungsikan sebagai apartment mewah. Letak site yang berada pada posisi strategis, dimana sungai Han membentang di barat daya, coba digali dengan pengoptimalkan orientasi view ke arah sana. Sungai Han dianggap penting dan sacral bagi warga korea selatan.





 


Apartement  setinggi 320 meter ini mengusung tema eksklusif, dengan menyajikan pemandangan atas kota Seoul dan menawarkan taman empat lantai di atas ketinggian, sehingga memberikan ruang spasial dan privasi yang biasanya hanya dimiliki rumah terpisah (detached houses). Denah persegi sempurna, dengan luas lantai kecil, sengaja dibuat untuk meminimalisir jumlah unit per lantai. Itulah mengapa tower dibuat 2 massa terpisah, tidak berupa satu massa yang luas. Setiap lantai bangunan dapat diisi oleh satu, dua, tiga, atau empat unit apartment. Dengan massa terpisah itu, menghasilkan luas permukaan dan orientasi view yang jauh lebih luas ke arah sungai Han. Belum cukup dengan cara itu, posisi core struktur sengaja dipindah ke timur laut agar tidak menutupi indah pemandangan sungai, sehingga denah efektif tiap lantai kedua tower membentuk huruf U.


 Kulit didominasi kisi-kisi kaca, member kesan bersih pada tower. Tidak sepenuhnya transparan, lapisan lempengan panel diletakkan pada bagian ruang yang memerlukan privasi lebih seperti kamar mandi dan kamar tidur. Panel lempengan tersebut, balkon, dan keseluruhan fasad bangunan menciptakan fasad tiga dimensional yang menarik. Menyatukan ruang interior dan eksterior, dan memberikan pengalaman hidup di rumah individu meskipun dalam bangunan komunal.


Unit officetel menjadi fungsi pelengkap pada tower di area Yongsan International Bussiness District ini, dengan sirkuasi terpisah dengan Pentominium, terletak di delapan lantai di tower timur, serta empat lantai yang berdekatan dengan podium.




Sumber : 
http://www.dezeen.com/2012/05/21/pentominium-by-murphyjahn/





No comments:

Post a Comment