Thursday, May 8, 2014

Folded Metal Kiosk karya MAKE

Kantor arsitektur London Make telah merancang sebuah kios prefabrikasi portabel dengan cangkang aluminiumberlipat yang dapat membuka dan menutup seperti kipas kertas. Berbasis desain kios dengan bentuk kertas yang dilipat seperti origami Jepang, tetapi dengan penggunakan aluminium untuk menciptakan struktur teratur dan kuat yang dapat dijadikan tempat penjualan.
"Origami adalah fundamental dalam mengembangkan desain ini, ide-ide dari kipas lipat, informasinya berasal dari desain dan cara melipat model kertas yang digunakan selama proses berlangsung, sampai ke pengujian akhir hingga desain selesai," kata arsitek proyek Sean Affleck Dezeen.
Dua dari kios dipasang di plaza publik di Canary Wharf London dan berfungsi sebagai tempat informasi selama festival Patung-Es bulan lalu. Affleck mengatakan kios ini memiliki beberapa fungsi di tempat yang berbeda: "Mereka telah dirancang untuk digunakan di mana saja dan untuk banyak tujuan, mulai dari kedai kopi, untuk informasi hingga tempat DJ"
Struktur berlipatnya terbuat dari aluminium panel berengsel yang terletak di poros tengah dan tangguh. Sebuah sistem penyeimbang dikendalikan oleh winch untuk membuka kios dari dasar dan memperlihatkan interiornya. Lipatannya akan membentuk kanopi yang melindungi bagian dalam kios.
Ruang interiornya berukuran 1,95 kali 3 meter dilapisi dengan kulit kayu lapis yang dilapisi dengan membran tahan air, sedangkan lapisan lainya dari cladding untuk mengurangi dampak kenaikan solar.
Pembuatan kios ini berkolaborasi dengan spesialis fabrikasi logam Entech Teknologi Lingkungan Ltd untuk memproduksi dan menguji paviliun off-site dan kemudian diangkut dan diinstal disaat pra-rakit.
Kios akan terus digunakan sebagai titik informasi atau disewakan kepada vendor selama acara-acara di Canary Wharf, dan kemudian dapat dipindahkan ke lokasi baru.

Membuat kios terbuka untuk bisnis
Dua kios retail prefabrikasi unik yang dirancang oleh Arsitek Make ini pertama kalinya dibuka untuk umum ketika mereka menjadi bagian dari Festival Pahatan Es Canary Wharf.
Bentuk geometris lipat yang sederhana dari kios didasarkan pada konsep origami. Berbentuk kotak persegi panjang  ketika ditutup, struktur berubah ketika terbuka, dengan lipatan dan engsel di panel aluminium yang memungkinkan mereka untuk menjadi lebih luas dan menjadi seperti kipas ketika kios membuka dan menutup.
Sean Affleck, arsitek pimpinan proyek Make, mengatakan: "fantastis, melihat kios di situs yang digunakan dan dinikmati oleh publik, dan menambahkan semangat dan karakter daerah publik Canary Wharf.
"Solusi kami di kios jalanan modern adalah kotak persegi panjang khas yang berubah ketika membuka dan fungsinyapun terungkap. Desainnya juga efisien dan fungsional dengan fitur kotak, kuat, tahan lama, mudah untuk mempertahankan dari perusakan dan graffiti liar. Unsur-unsur fit-out internal dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan vendor individual. "
Kios ini sangat ringan, struktur portabelnya telah diuji dan prefabrikasi off-site oleh Entech Teknologi Lingkungan Ltd dan dikirim ke Canary Wharf melalui truk dan diinstal denga lengkap.

No comments:

Post a Comment